SMKN 4 SUNGIA PENUH

SMKN 4 SUNGAI PENUH

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SMKN 4 SUNGAI PENUH SEMESTER GENAP TA.2022-2023

 

 

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

 PENCAK SILAT SMKN 4 SUNGAI PENUH 

SEMESTER GENAP TA.2022-2023


Sekolah menengah atas merupakan lembaga pendidikan formal yang mendidik siswa dalam bertingkah laku sehingga menjadi siswa yang diharapkan oleh sekolah dan orang tuanya. Dalam hal peningkatan prestasi tentunya perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukungnya, maka sudah selayaknya sekolah menyediakan fasilitas yang dapat menunjang prestasi dan kegiatan siswa. Sekolah formal tidak hanya memberikan pengetahuan dan membentuk perilaku anak, tetapi sekolah dapat menjadi wahana pengembangan kemampuan dan keterampilan anak, tentunya melalui kegiatan di luar belajar mengajar berupa kegiatan ekstra kurikuler.




Kegiatan dirancang untuk mempromosikan keterampilan bela diri bagi siswa yang potensial dan tertarik, dan untuk membekali anak-anak dengan aktivitas fisik sehingga mereka menjadi individu yang sehat dan kuat. Selain itu sebagai olahraga, pencak silat mengutamakan keterampilan fisik untuk kebugaran, kelenturan serta prestasi dan daya tahan atletik. Melalui latihan, petinju berusaha untuk meningkatkan kelincahan anggota badan dan kekuatan gerakan, serta meningkatkan semangat berprestasi dalam permainan.



Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu media yang disediakan oleh sekolah untuk mengembangkan minat dan bakat anak. Salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang paling populer adalah 'Pencak Silat' yang mengembangkan siswa dengan keterampilan yang dapat dibanggakan. Melihat banyaknya prestasi yang telah diraih siswa di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional, tentunya kita harus membimbing mereka dengan seksama untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi yang telah kita capai. Oleh karena itu, Ekstrakurikuler Pencak Silat didirikan sebagai wadah bagi siswa yang berminat terhadap Pencak Silat dan ingin berprestasi di bidang olahraga tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya kerjasama antara pihak sekolah dengan pengelola kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar